.quickedit{ display:none; }
Sabtu, 30 Oktober 2010

Monumen Tentara Pelajar

Begitu besar rasa nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia di jaman penjajahan dulu.. Apapun mereka pertaruhkan demi bhakti terhadap bangsa ini, termasuk berjuang di medan pertempuran melawan Belanda.. Mereka adalah para pelajar yang tergabung dalam tentara Pelajar. Di usia mereka yang masih sangat muda mereka berani untuk ikut andil dalam peperangan melawan Belanda. tak sedikit dari mereka yang gugur dalam pertempuran tersebut dan tak sedikit pula yang mengalami cacat seumur hidup akibat perang tersebut. Tapi pastinya luka fisik itu tidak begitu terasa dibanding sakit hati yang mereka rasakan karena kehilangan anggota keluarga mereka.

Untuk perjuangan dan pengorbanan tentara Pelajar tersebut, Pemerintah kota Magelang memberikan penghargaan terhadap para pahlawan bangsa dengan mendirikan sebuah monumen untuk mengingatkan kita pada para pahlawan yang diberi nama Monumen Tentara Pelajar.
Monumen Tentara Pelajar ini dibangun di perempatan kiri jalan tepatnya di jalan MT Haryono. Monumen ini dipersembahkan untuk Ex Tentara Pelajar Magelang TNI Brigade 17. Meski hanya dengan sebuah monumen yang mungkin tidak sebanding dengan apa yang telah diberikan para tentara tersebut setidaknya ini bisa terus mengingatkan kita yang telah hidup dalam kemerdekaan untuk menghargai dan melanjutkan perjuangan dalam membangun bangsa ini jadi lebih maju dan beradab... Seperti kata para pahlawan kita "Jiwa Raga Kami Bagimu Negeri''...

















monumen tentara pelajar


Patung Tentara Pelajar di Komplek Monumen Tentara Pelajar Magelang


Daftar nama anggota tentara pelajar yang gugur dalam medan pertempuran.



Tugu peresmian renovasi monumen Tentara Pelajar yang disahkan oleh Walikota Magelang
H. Fahriyanto pada hari minggu tanggal 10 November 2002.

Namun dari sekian keindahan dari Monumen ini sangat disayangkan karena komplek monumen ini harus ternodai (halah :) sok gimana gitu) dengan adanya tumpukan sampah di pintu masuk kompek ini.. Semoga hal ini mendapat perhatian dari dinas kebersihan agar sampah-sampah tersebut dapat segera dibersihkan......Sebenarnya tidak hanya Dinas kebersihan yang bertanggung jawab tapi juga masyarakat sekitar kompleks ini agar tidak sembarangan dalam membuang sampah..

Sampah di pintu masuk menuju komplek Monumen Tentara Pelajar.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;